Jumat, 22 Juli 2011

Apakah High Heel Aman Digunakan?

            High Heel atau sepatu hak tinggi adalah sepatu yang banyak digemari para wanita. Selain bentuknya yang begitu elagan, yang dapat memberikan efek seksi pada wanita yang menggunakannya. Selain itu menggunakan high heel juga membuat wanita terlihat lebih tinggi dan kaki lebih jenjang.
            Umumnya pemakaian high heel ini membuat punggung akan lebih tertarik kebelakang, bokong terangkat serta dada lebih membusung. Dari segala kesan seksi yang diberikan high heel, ternyata ada juga efek negative dari penggunaan high heel, seperti:
  1. Otot Betis Menjadi Kaku
Ada dua jenis otot Betis, yaitu otot betis depan (terdiri dari: tibialis anterior, extensor digitorum, dan perioneus, berfungsi untuk mengangkat kaki ketika berjalan) dan otot betis belakang (terdiri dari: soleus dan gastrocnemius, yang berfungsi menjaga keseimbangan kaki ke arah belakang ketika berjalan). Saat menggunakan high heel tidak semua otot dapat bekerja secara maksimal, dan berakibat ada bagian otot yang bekerja lebih keras dan otot yang kurang bekerja sehingga otot betis menjadi kaku.
  1. Nyeri di Ujung Kaki
Hal ini disebabkan karena penggunaan high heel terlalu lama, dan juga disebabkan oleh desain high heel yang biasanya pada bagian ujung berbentuk runcing dan sempit.
  1. Nyeri di bagian Punggung (Low Back Pain)
Saat menggunakan high heel yang terlalu lama otomatis punggu terus menerus dalam posisi tegak dan menyebabkan nyeri di bagian punggung.
  1. Terkilir
Terkilir disebabkan karena pada saat penggunaan high heel keseimbangan tubuh kurang stabil. Bagian kaki yang terkilir biasanya daerah pergelangan kaki atau didaerah ankle.
  1. Kejang Otot (Spasme Otot)                                                                                                             Hal ini terjadi karena pemakaian high heel yang lebih dari dua jam sehingga menyebabkan peredaran darah di bagian kaki kurang lancar dan memperkuat resiko Kejang Otot (Spasme Otot).
  2. Penebalan dan Iritasi di Telapak Kaki
Ini disebabkan karena high heel yang digunakan terlalu tinggi dan lama.
  1. Penjepitan Jari Kaki
Hal ini yang cukup menakutkan karena bagian ujung high heel yang sempit dapat menjepit kaki dan membuat peredaran darah di kaki tidak lancar sehingga dapat menyebabkan penyakit kaki.

Itulah beberapa efek negative yang ditimbulkan dari penggunaan high heel. Tetapi saya sarankan untuk para wanita penggemar high heel, Anda tidak perlu tidak menggunakan high heel lagi karena efek yang ditimbulkannya, high heel masih tetap aman digunakan tetapi akan lebih baik jika Anda menggunakan high heel tidak lebih dari dua jam, dan jangan menggunakannya sesering mungkin.
Semoga artikel ini bermanfaat =) terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar