Jumat, 22 Juli 2011

Ciri-Ciri Sepatu yang Baik Digunakan


Berikut ini saya akan membahas sedikit tentang ciri-ciri sepatu yang baik untuk digunakan. Karena sebagian orang memakai sepatu karena bagus atau mahal tanpa memikirkan apakah sepatu itu baik digunakan oleh kaki kita. Baiklah, inilah ciri-ciri sepatu yang baik digunakan pada umumnya, seperti:
·                    Lentur
            Sepatu yang lentur berarti sepatu yang tidak kaku, tahukah Anda jika sepatu yang kaku itu dapat menyebabkan cidera kaki maka untuk menghindari hal itu, gunakanlah sepatu yang lentur.
·                    Cukur Ringan
            Gunakanlah sepatu yang cukup ringan, agar tidak banyak energi yang dikelurkan oleh pemakai sepatu sehingga dapat menghemat sedikit energi yang dihasilkan oleh tubuh.
·                    Sol yang Tebal
            Sepatu yang baik biasanya bersol tebal dan lembut sehingga dapat berfungsi sebagai perendam benturan dan getar (shock absorber). jadi berakibat sepatu awet, tidak mudah rusak.
·                    Dapat mengontrol gerak kaki
            Ciri sepatu yang satu ini sangat penting, gunakanlah sepatu yang dapat mengontrol gerak kaki, dari kaki menyentuh dasar tanah pada tumit hingga kaki terangkat dari lintasan pada ujung-ujung jari kaki. Hal ini       dapat mencegah kita terjatuh.

            Ada beberapa jenis lapisan sol sepatu yang baik, seperti:
·                    Sol Terluar (Outer Sole)
            Sol terluar ini dapat mengurangi resiko terjatuh atau terpeleset bila sedang beraktivitas maka paling bagus jika sol ini terbuat dari bahan karet campuran.
·                    Sol Tengah (Mid Sole)
            Sol Tengah paling bagus jika terbuat dari lapisan nilon yang sangat tipis atau plastik.
·                    Sol Terdalam (In Sole)

Dan itulah beberapa ciri-ciri sepatu yang baik digunakan pada umumnya. Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar